My Instagram

Diberdayakan oleh Blogger.

TIPS BISNIS ORANG KOREA


 

Etika bisnis orang korea

Seperti halnya sejumlah besar negara-negara asia, kedekatan hubungan pribadi merupakan hal yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan bangsa orang korea selatan. Dalam dunia bisnis, jalinan hubungan pribadi yang baik menduduki tempat tertinggi, lebih penting dari berbagai aspek dunia usaha lainya. Perhitungan akan keuntungan yang akan diperoleh, harga yang kompetitif dan produktif berkualitas akan di tentukan oleh kadar hubungan pribadi. Hubungan pribadi yang baik disertai dengan kehormatan dan kepercayaan tinggi merupakan dasar dari etika bisnis orang korea selatan.


Banyak pengusaha asing yakin bahwa mereka menawarkan harga dan jenis produk yang kompetitif maka transaksi dengan pengusaha korea akan lancar. Namun hal itu mungkin berlaku di negara lain, belum tentu di korea akan selalu begitu” ujar jon saddoris, pengusaha asal amerika serikat yang telah sepuluh tahun tinggal di korea. Hal ini termasuk melakukan pendekatan dengan cara yang baik artinya upaya perkenalan yang dapat diterima dan dilakukan oleh pemimpin atau staf dengan jenjang yang sessuai.

Orang korea terkenal dengan rasa persaudaraan dengan sesama yang besar. Di korea, bila sebuah perusahaan atau toko baru buka di sebuah gedung maka sang pendatang baru itu biasanya mengantarkan makanan yang di sebut ttok ( kue beras) ke toko di kiri kanan dan lantai di atas bawah. Pemberian itu merupakan tanda perkenalan sekaligus tawaran untuk menjalin hubungan baik dan kerja sama. Demikian halnya jika seseorang menempati rumah atau apartmen baru.

Masih dalam rangka mempererat hubungan baik, kalangan usaha korea gemar memberikan cinderamata kepada mitra bisnisnya. Hal yang sama juga dilakukan oleh relasi bisnis mereka termasuk mitra asing. Kualitas hadiah itu tergantung dari tingkatan hubungan bisnis danbesarnya perusahaan. Berikan cinderamata yang khas dari indonesia dengan kualitas bagus. Hadiah dapat pula berupa minuman keras karena oang korea gemar minum. Pemberian cindderamata biasanya disesuaikan dengan perayaan tertentu seperti tahun baru korea atau thanks giving day korea yang disebut dengan chussok. Jangan membungkus cinderamata dengan kertas putih karena putih adalah lambang kematian bagi masyarakat korea. Gunakan kedua tangan ketika menerima atau memberikan hadiah.

Tidak ada komentar